30 September 2020, 14:15 WIB

Pekan Depan, Menlu AS Kunjungi Tiga Wilayah Asia


Faustinus Nua | Internasional

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dijadwalkan kunjungan kerja ke Jepang, Korea Selatan dan Mongolia pada pekan depan.

Kunjungan Pompeo diperkirakan fokus pada isu Tiongkok dan Korea Utara. Perjalanan ke Jepang juga menjadi yang pertama oleh pejabat tinggi AS, sejak Yoshihide Suga menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang pada 16 September lalu.

Pada 6 Oktober di Tokyo, Pompeo akan mengadakan pertemuan empat arah dengan mitra dari Australia, India dan Jepang. Formasi Quad itu pernah digencarkan kepemimpinan Shinzo Abe, mantan PM Jepang, upaya negara demokrasi besar di kawasan dalam menghadapi Tiongkok.

Baca juga: Biden Tuding Trump Panik Hadapi Pandemi Covid-19

Pompeo adalah pengkritik keras Tiongkok, termasuk masalah keamanan, hak asasi manusia, hingga pandemi covid-19. Dia juga memimpin kampanye internasional bagi negara lain untuk menghindari Tiongkok, termasuk pengaruh teknologi.

Perjalanan Pompeo ke Korea Selatan juga menjadi upaya untuk meredam ketegangan dengan Korea Utara. Langkah itu menjadi prioritas utama Donald Trump, yang tengah mencari kemenangan dalam pemilihan presiden AS tahun ini.

Baca juga: FDA Perketat Standar Vaksin Covid-19, Trump Geram

Trump diketahui telah bertemu tiga kali dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Belum lama ini, Pompeo menyebut pembicaraan antara kedua negara terus berlanjut di belakang layar. Dia menekankan pemerintah AS ingin mencapai lebih banyak kemajuan.

Sebelumnya, Pompeo yang merupakan mantan kepala CIA, pernah mengunjungi Korea Utara sebanyak empat kali. Di lain sisi, Pompeo akan menjadi Menteri Luar Negeri AS pertama yang mengunjungi Mongolia sejak 2016. Kunjungan itu untuk meningkatkan hubungan AS dengan Mongolia.(CNA/OL-11)

BERITA TERKAIT