30 September 2020, 14:20 WIB

Sindangasih tidak Pernah Kekurangan Air Bersih


Benny Bastiandy | Nusantara

DAYA dukung lingkungan yang masih sangat baik, membuat Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tidak terdampak kemarau. Air bersih untuk warga tidak terkendala.

Pasokan air untuk sawah juga masih tetap mengalir. Warga yang mayoritas petani masih bisa menanam padi tanpa khawatir kekurangan pasokan air, termasuk pada musim kemarau saat ini.

Kepala Desa Sindangasih, Epul Saepuloh, mengatakan sejauh ini kondisi cuaca tidak menimbulkan kendala yang berarti terhadap sektor pertanian. Petani masih tetap menaman padi pada musim tanam periode sekarang.

"Mulai masuk musim tanam padi itu sekitar sebulan lalu. Lahan pertanian, khususnya sawah, masih bisa ditanami dan sudah mulai tumbuh," lanjut Epul, Rabu (30/9).

Judul : Belasan Desa di Klaten Alami Krisis Air Bersih

Luasan lahan sawah di wilayah tersebut sekitar 300 hektare. Selain petani, mata pencaharian masyarakat lainnya ialah wirausaha, dan pedagang.

"Sejauh ini di wilayah kami sumber air tidak pernah ada masalah sekalipun kemarau. Sampai sekarang, tidak ada laporan adanya warga yang mengalami krisis air untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk lahan pertanian," jelasnya.

Namun upaya-upaya antisipasi terjadinya krisis air tetap dilakukan pihak desa. Seperti untuk lahan pertanian, pihak desa berkoordinasi dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air Mitra Cai (P3 Mitra Cai) untuk mengatur distribusi air.

"Kita atur distribusinya sedemikian rupa agar pasokan air tetap terjaga
untuk lahan-lahan pertanian. Kalau untuk di rumah tangga, insya Allah tidak ada masalah walaupun di Sindangasih mulai banyak pembangunan
perumahan komersil," tegas Epul. (N-2)

BERITA TERKAIT