30 September 2020, 14:00 WIB

Astronom Temukan Tiga Danau Air Asin di Mars


MI Weekend | Weekend

PENEMUAN jejak air di Planet Mars memang bukan baru. Namun penelitian terbaru yang telah dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy mengungkapkan fakta baru yang cukup mencengangkan.

Para astronom menemukan tiga danau bawah tanah yang memiliki kandungan air cukup banyak. Dilansir Fox News, Selasa (29/9), tiga danau itu berada di dekat Ultimi Scopuli, atau kutub selatan mars dan mengandung air asin. 

Elena Pettinelli, salah satu penulis penelitian menjelaskan bahwa penemuan tiga danau itu merupakan pengembangan dari penemuan badan air yang stabil di Mars pada 2018. Pada penelitian lanjutan ini mereka tidak hanya mengkonfirmasi posisi, luas, dan intensitas reflektor yang telah teridentifikasi dalam studi sebelumnya, tetapi juga menemukan tiga danau tadi. 

Ketiga danau itu berukuruan sekitar 6 mil dan berada sekitar 12 mil dari danau yang ditemukan pada 2018. Tiga danau ini dinilai berpotensi menjadi rumah bagi kehidupan mikroba, yang keberadaannya selama ini diketahui di embun beku dalam kondisi ekstrim. 

Sekelompok peneliti lainnya menyimpulkan pada bulan Januari 2020 bahwa air di planet Mars mengandung bahan yang tepat untuk mendukung kehidupan. Pada bulan lalu, peneliti lain menemukan keberadaan molekul orgnaik yang konsisten dengan kehidupan. NASA baru saja meluncurkan penjelajahan ‘Perseverance’ ke planet Mars, dan pada saat di planer merah para penjelajah akan melakukan berbagai fungsi yang berbeda, termasuk mencari bukti kehidupan purba. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

BERITA TERKAIT