30 September 2020, 12:40 WIB

Swasta Bantu Eliminasi Malaria di Kabupaten Sorong


Martinus Solo | Nusantara

UNTUK mencegah dan pengendalian malaria di Kabupaten Sorong, Papua Barat, dilakukan kerja sama antara pemkab setempat dengan perusahaan swasta Petogras Basin Ltd.
Kerja sama ini berupa kegiatan monitoring evaluasi pencegahan dan pengendalian malaria program pengembangan masyarakat mencegah malaria di tengah pandemi. Kegiatan dilangsungkan di Balai Kampung Maibo, Kabupaten Sorong, Rabu (30/9).

Bupati Sorong melalui Asisten II Chris Tupamahu saat menghadiri kegiatan mengapresiasi perhatian Petrogas Basin kepada masyarakat di sekitar dalam mengendalikan malaria. Menurutnya kasus malaria di Indonesia pada 2019 tertinggi di Papua, menyusul Papua Barat dan NTT. 

"Kabupaten Sorong terus berupaya menekan kasus malaria ahar Papua Barat bisa minim kasus malaria. Dan pada 2023 malaria tereliminasi di Papua Barat" harap Chris.

baca juga: Pembangunan Infrastruktur Cegah Banjir Jadi Prioritas

Ia berharap adanya evaluasi dan monitoring malaria melibatkan ASN dan masyarakat bisa terus menekan kasus malaria di Kabupaten Sorong. Pada kesempatan itu, Hektor Fonataba selaku Senior R&C Supervisi Petogras Basin Ltd menjelaskan program pengendalian malaria sudah dilaksanakan di empat distrik pada 2019. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembagian kelambu kepada masyarakat secara massal guna fokus menuju eliminasi malaria tahun 2023 dan meminum obat Filariasis.(OL-3)
 

BERITA TERKAIT