30 September 2020, 12:05 WIB

Inggris Laporkan Kenaikan Harian Tertinggi Kasus Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

INGGRIS melaporkan tambahan 7.143 orang yang dinyatakan positif covid-19. Angka harian tersebut merupakan angka tertinggi sejak dimulainya pandemi di Inggris, menurut angka resmi yang dirilis, Selasa (29/9).

Infeksi baru yang dikonfirmasi tersebut, menurut data resmi, membuat jumlah total kasus covid-19 di negara itu menjadi 439.013. Sementara itu, jumlah kematian terkait virus korona meningkat 71 menjadi 42.072.

Di tengah kekhawatiran besar atas wabah di universitas, Menteri Pendidikan Inggris Gavin Williamson, Selasa (29/9), mengatakan universitas telah diminta memberikan bantuan tambahan dan dukungan kepada mahasiswa.

Baca juga: Jerman Batasi Peserta Pesta untuk Tekan Angka Covid-19

Pihak universitas juga harus memastikan mahasiswa yang melakukan isolasi dirawat dengan baik dan bisa mendapatkan makanan, persediaan medis, dan kebersihan jika diperlukan.

Menurut surat kabar The Guardian, wabah covid-19 telah dilaporkan setidaknya di 50 kampus di seluruh Inggris.

"Kami percaya universitas sangat siap menangani setiap wabah yang muncul," kata Williamson.

Media lokal melaporkan kurang dari seperempat orang di Inggris sekarang hidup di bawah penguncian wilayah yang berbeda. Laporan itu muncul ketika negara-negara, seperti Inggris, Tiongkok, Rusia, dan Amerika Serikat, berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin covid-19.

Kepala Penasihat Ilmiah Pemerintah Inggris Patrick Vallance mengatakan ada kemungkinan beberapa vaksin bisa tersedia dalam jumlah kecil akhir tahun ini, tetapi kemungkinan besar vaksin akan tersedia awal tahun depan, meskipun itu tidak dijamin. (Xinhua/OL-1)

BERITA TERKAIT