30 September 2020, 07:45 WIB

Lemari Pintar Lindungi Pakaian dari Virus


Wisnu AS | Teknologi

SETELAH ada kota pintar dan telepon genggam pintar, kini hadir lemari pintar. Barang ini diklaim memiliki kemampuan dalam memelihara kesegaran sekaligus higienitas pakaian. Virus, bakteri, dan tungau dipastikan lari dari baju yang disimpan dalam lemari dalam jangka waktu lama.

Pakaian yang terlalu lama tersimpan pada lemari bukan tak ada masalah. Yang pasti, pakaian akan menjadi lembap. Ini menjadikan pakaian sebagai media bagi tumbuhnya material berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut juga mempercepat penurunan performa bahan.

“Perawatan pakaian tak cukup lagi hanya dengan menyimpannya di lemari. Terlebih di tengah kondisi saat ini, penyegaran perlu dilakukan secara periodik. Tak hanya untuk menjaga performanya, tapi juga memastikannya tak menjadi media berkembangnya material berbahaya bagi kesehatan,” ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliances PT LG Electronics Indonesia.

Karena itu, LG menghadirkan lemari pintar bernama Styler. Terapan teknologi inovatif yang digunakan bernama TrueSteam. Nama ini merujuk pada uap air yang dihasilkan benar-benar berasal dari proses pemanasan air yang terletak pada bak di bagian paling bawah. Suhu panas inilah yang kemudian mengalir melalui beberapa titik dalam kabin lemari.

“Perawatan dengan Styler benar-benar 100% menggunakan uap air, tanpa tambahan bahan kimia apapun. Dirancang demikian agar lebih aman bagi segala kemungkinan reaksi tertentu yang mungkin timbul bagi pengguna maupun kualitas pakaian,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Teknologi itu mampu menghasilkan sekaligus mempertahankan uap bersuhu panas dalam derajat tertentu yang membuatnya optimal untuk mengeliminasi 99,9% berbagai virus, bakteri, dan tungau debu penyebab alergi yang melekat pada pakaian. Tak sekadar klaim, hal tersebut diakui British Allergy Foundation (BAF) sebagai lembaga uji internasional yang memberikan sertifikasi.

Melalui pemanfaatan teknologi TrueSteam, Styler memiliki berbagai pilihan menu siklus perawatan berbagai jenis pakaian dan bahkan produk lain, seperti tas maupun jaket, yang selama ini susah dibersihkan. Siklus perawatan ini menjadi kolaborasi kerja uap panas dan gantungan pakaian yang bergoyang saat proses perawatan dilakukan. Siklus Sanitary Care menjadi perawatan kompleks yang lebih terpusat pada pelepasan berbagai allergen dan bakteri yang mungkin melekat sepanjang pemakaian.

Ada pula perawatan khusus terkait dengan bahan pembuatnya, seperti wol, bernama Gentle Dry. Proses pengeringan dengan lembut melalui pengaturan suhu yang terjaga ini mencegah dari kemungkinan menyusut dan menjadi rusak. Dengan pengaturan tertentu, siklus yang sama dapat dimanfaatkan untuk penggunaan sehari-hari dalam proses pengeringan pakaian tanpa harus bergantung pada perubahan cuaca.

Lantas siklus Refresh yang berguna membuat pakaian menjadi rapi dengan mengurangi kerutan sekaligus melepaskan bau. Hal ini dapat menjadi pilihan, salah satunya saat pengguna bermaksud menggunakan kembali pakaiannya, tapi terdapat beberapa kerutan dan bau yang mungkin terjadi dari pemakaian sebelumnya. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT