30 September 2020, 08:13 WIB

Ratusan Titik Panas Muncul di Bangka Belitung


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di wilayah Bangka Belitung. Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan jumlah titik panas terpantau satelit melonjak tajam yakni 116 titik. Padahal menurut Mikron, selang sehari sebelumnya titik panas hanya terdeteksi di enam titik.

"Kemarin itu enam titik, tapi hari ini melonjak menjadi 116 titik tersebar di Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, Bangka Tengah dan Pangkalpinang," kata Mikron, Rabu (30/9).

Ia membeberkan 116 titik panas tersebut rinciannya 27 titik di Bangka di kecamatan Mendo Barat, Puding, Riau Silip, Belinyu dan Bakam. Sedangkan di Bangka Barat ada 29 
titik di Kelapa, Simpang Teritip, Tempilang dan Jebus.

"Di Bangka Selatan 28 titik, tersebar di Air Gegas, Lepar Pongok, Payung, Simpang Gedong dan Toboali. Di Bangka Tengah ada 17 titik di Pangkalan Baru, Sungai Selan. Belitung ada 13 titik di Membalong, Selat Nasik, Sijuk. Kemudian di Belitung Timur ditemukan hotspot di Gantung dan Manggar. Untuk Pangkalpinang di Kecamatan Gerunggang. hanya satu titik," papar Mikron.

baca juga: Cegah Karhutla, Sumsel Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana

Ia menambahkan 116 titik panas ini memiliki tingkat akurasi delapan. 

"Kalau delapan ini cukup tinggi dan kuat dugaan itu karhutla," ujarnya.

Untuk memastikan karhutla atau bukan, tim reaksi cepat harus mengecek di lapangan. Mikron juga mengimbau masyarakat agar tidak membuka kebun dengan cara membakar karena sangat berbahaya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT