30 September 2020, 07:21 WIB

Antisipasi Musim Hujan 22 Branwir Disiagakan


Put/J-2 | Megapolitan

SUKU Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat menyiagakan branwir mereka jelang musim hujan. Seluruh armada itu disiagakan bukan hanya untuk memadamkan kebakaran, melainkan juga untuk memberikan fungsi lain, yakni memompa air
genangan yang membanjiri permukiman warga serta jalan-jalan raya.

Mobil pemadam kebakaran memang kerap menjadi alternatif aparat wilayah untuk mengusir banjir jika unit pompa-pompa baik mobile maupun stasioner tak cukup maksimal melakukan upaya tersebut.

“Ada 22 unit terdiri dari 10 unit quick response, 2 unit submersible pump, dan 1 unit multi-purpose vehicle,” kata Kepala Operasi Sudin Gulkarmar Jakarta Barat Eko Sumarno, kemarin.

Meskipun keseluruhan mobil itu nantinya digunakan untuk memompa luapan air, Eko menegaskan masih ada 33 branwir yang siap di-
gunakan jika terjadi kebakaran di mana pun dan kapan pun. “Ada 33 unit operasional pemadam yang siap apabila dibutuhkan,” pungkasnya.

Di sisi lain, di wilayah Jakarta Barat total ada 17 kelurahan yang masuk daftar kelurahan rawan banjir tahun ini. Total ada 89 RW di 17 kelurahan itu yang masuk wilayah rawan banjir. (Put/J-2)

BERITA TERKAIT