30 September 2020, 07:03 WIB

Jelang Debat, Biden Laporkan Pengembalian Pajak


Faustinus Nua | Internasional

BEBERAPA jam sebelum debat pertama Pemilu Amerika Serikat (AS) dengan Presiden Donald Trump, calon presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden, Selasa (29/9), merilis pengembalian pajak 2019. Kampanye Biden pun meminta Trump melakukan hal yang sama.

Biden, yang akan berbagi panggung dengan Trump, Selasa (29/9) malam waktu setempat di Cleveland, mengambil langkah itu dua hari setelah New York Times melaporkan Trump hanya membayar US$750 dalam pajak penghasilan federal pada 2016 dan 2017.

Presiden AS itu tidak membayar pajak selama 10 dari 15 tahun sebelumnya, meski Trump sudah lama berusaha merahasiakan catatan keuangan pribadinya.

Baca juga: Debat Presiden AS Tanpa Kerumunan dan Jabat Tangan

Pajak Biden menunjukkan dia dan istrinya, Jill, membayar lebih dari US$346.000 dalam bentuk pajak federal dan pembayaran lainnya untuk 2019 dengan pendapatan hampir US$985.000. Pasangan itu juga meminta pengembalian pajak sebesar hampir USD47.000 setelah mengklaim mereka telah membayar lebih kepada pemerintah.

"Ini adalah tingkat transparansi bersejarah yang dimaksudkan untuk memberikan kepercayaan kepada rakyat Amerika sekali lagi bahwa para pemimpin mereka akan menjaga mereka dan bukan garis bawah mereka sendiri," kata wakil manajer kampanye Biden, Kate Bedingfield.

"Tuan Presiden, berikan laporan pajak Anda atau tutup mulut," tambah Bedingfield.

Pengembalian pajak Biden sebelum debat menunjukkan bahwa mantan wakil presiden itu mencari keuntungan politik pada masalah yang dapat beresonansi dengan pemilih. Mengingat, lawannya adalah seorang pengembang real estat kaya yang berubah menjadi politisi yang, menurut laporan New York Times, sering menghindari membayar pajak pendapatan federal.

Demokrat berusaha menggambarkan Trump sebagai pengemplang pajak. Penolakan Trump yang terus-menerus untuk memberikan laporan pajaknya telah menyimpang dari praktik standar untuk kandidat presiden.

Juru bicara kampanye Trump, Tim Murtaugh, mengeluarkan pernyataan yang menuduh Biden tidak jujur dalam pernyataan publik tentang penghasilannya di masa lalu. Tetapi tidak membahas apakah Trump akan meberikan laporan pengembaliannya.

The Times juga melaporkan bahwa Trump, saat ini, terlibat dalam audit Internal Revenue Service selama satu dekade atas pengembalian pajak US$72,9 juta yang dia klaim setelah menyatakan kerugian besar.

Jika IRS melarangnya, dia harus membayar lebih dari US$100 juta, menurut surat kabar tersebut.

Dengan lebih dari 1 juta orang Amerika telah memberikan suara awal dan waktu hampir habis untuk berubah pikiran atau mempengaruhi sebagian kecil pemilih yang belum memutuskan, taruhannya sangat besar karena dua kandidat Gedung Putih mengambil panggung lima minggu sebelum pemilihan pada 3 November.

Debat 90 menit, dengan penonton tatap muka yang terbatas dan berjarak karena pandemi covid-19, akan dimulai pada pukul 21.00 waktu setempat di Case Western Reserve University di Cleveland, dengan Chris Wallace dari Fox News sebagai moderator. Ini adalah yang pertama dari tiga debat yang dijadwalkan.

Trump tiba di Cleveland dengan pesawat Air Force One menjelang debat. Biden terbang dari Delaware. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT