30 September 2020, 06:44 WIB

Mladenovic Minta Ada VAR di Tenis


Basuki Eka Purnama | Olahraga

KRISTINA Mladenovic minta adanya sistem asisten wasit video (VAR) di tenis setelah lawannya di Prancis Terbuka diuntungkan oleh kelengahan wasit sehingga petenis Prancis itu tersingkir dari Roland Garros, Selasa (29/9).

Mladenovic tengah unggul 5-1 dan berada di set poin dalam laga melawan Laura Siegemund ketika petenis Jerman itu membukukan winner meski bola terlihat dua kali memantul di lapangan. Insiden itu tidak dilihat oleh wasit Eva Asderaki.

Mladenovic yang berperingkat 44 dunia meminta wasit menganulir poin Siegemund namun diabaikan. Siegemund pun memanfaatkan kegalauan Mladenovic untuk meraih kemenangan 7-5 dan 6-3.

Baca juga: Sherif Bangga Dapat Dukungan Salah

"Akan menyenangkan jika itu ada di tenis," ujar Mladenovic ketika ditanya mengenai kemungkinan VAR digunakan di turnamen tenis.

"Tidak menyenangkan menggantikan manusia dengan kamera. Namun, manusia melakukan kesalahan. Saya tidak tahu bagaimana wasit bisa tidak melihat insiden itu. Hal itu membuat saya tersingkir dari Prancis Terbuka," keluhnya.

Meski kecewa, Mladenovic menolak menyalahkan Siegemund yang tidak mengakui adanya insiden pantulan ganda itu.

"Dia memang tampil lebih baik. Namun, pemain yang jujur pasti mengakui adanya pantulan ganda. Sayangnya, dua tidak," kata Mladenovic.

"Jika dia melakukannya, dia akan mendapatkan rasa hormat dari saya. Namun, dia bukanlah pihak yang bertanggung jawab. Wasit seharusnya foks pada pertandingan. Saya kurang beruntung karena wasit tidak menjalankan tugasnya dengan baik," imbuhnya. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT