30 September 2020, 02:45 WIB

Kasus Covid-19 Naik, Serie A Terancam Ditangguhkan Selama 2 Pekan


mediaindonesia.com | Sepak Bola

LONJAKAN kasus covid-19 mengancam kompetisi Serie A Italia dihentikan selama dua pekan.

Baru-baru ini, Genoa mengumumkan adanya 14 kasus positif baru di antara para pemain dan staf mereka. Hal itu berdampak pada Napoli yang pada pekan lalu mengalahkan Genoa 6-0, untuk segera melakukan isolasi diri sampai hasil tes covid-19 mereka dinyatakan negatif.

Napoli dijadwalkan akan menghadapi Juventus pada Senin (5/10) depan, sedangkan Genoa akan menghadapi Torino pada Sabtu (3/10).

Pemerintah Italia dan kementerian olahraga telah bekerja sama untuk memutuskan cara terbaik memerangi penyebaran covid-19 di Serie A.

Ada 159 kasus baru covid-19 di Italia pada 3 Agustus, sehari setelah musim lalu berakhir, dan hingga Minggu lalu telah tercatat 1.766 kasus. Bila kasus covid-19 mengalami lonjakan lagi, maka kompetisi sepak bola diperkirakan berhenti untuk sementara.

Media Italia Corriere della Sera mengatakan penangguhan kompetisi sepak bola sedang dipertimbangkan oleh pihak pemerintah dan kementerian
Italia.

Meningkatnya kasus di Italia mengikuti jumlah angka kasus yang mengkhawatirkan di Inggris.

Baca juga: Jelang Bergulirnya Serie A, Pirlo Raih Lisensi Kepelatihan

Pelatih David Moyes plus pemain West Ham Issa Diop dan Josh Cullen dinyatakan positif covid-19 sebelum pertandingan Piala Carabao melawan Hull.

Pertandingan Genoa melawan Napoli pun sempat ditunda beberapa jam setelah kiper Genoa Mattia Perin dinyatakan positif sehari sebelumnya. Belakangan, dipastikan gelandang Lasse Schone juga tertular covid-19 dan kemarin dipastikan 14 orang di Genoa dinyatakan positif covid-19.

"Setelah tes hari ini, jumlah yang positif covid-19 telah meningkat menjadi 14 anggota tim dan staf," tulis pernyataan dari Genoa.

"Klub telah mengikuti semua prosedur sesuai dengan protokol dan memberi tahu pihak berwenang. Klub akan memberi pembaruan seiring perkembangan situasi," tambahnya.

Federasi Sepak Bola Italia tidak mengatur jumlah pemain yang terinfeksi, hingga bisa menyebabkan pertandingan ditunda.(Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT