30 September 2020, 03:45 WIB

Rose Blackpink Menerjemahkan Pesan Lagu


Atalya Puspa | Humaniora

ANGGOTA girl band Blackpink, Rose, 23, mengaku ketika pertama kali berkolaborasi dengan anggota Big Bang G Dragon menyanyikan Without You, ia masih belum menemukan jati diri sebagai penyanyi. 

Kala itu, ia masih menjadi trainee dan belum lama tiba dari Australia. “Pada saat itu, saya tidak sepenuhnya tahu gaya musik yang saya suka, atau gaya seperti apa yang ingin saya miliki sebagai penyanyi,” kata Rose dalam wawancara seperti dilansir dari Soompi.

“Saya ikut rekaman begitu saja, jadi saya sangat gugup. Saat menjadi trainee, saya mulai mencari tahu artis mana yang saya sukai dan ingin menjadi penyanyi seperti apa,” kata Rose yang lahir di Selandia Baru dan besar di Australia.

Ia menambahkan, ketika mendengarkan ulang Without You, ia bisa melihat perbedaan nada dan nuansa suaranya dulu jika dibandingkan dengan sekarang. Menurut Rose, tidak mudah untuk mendefi nisikan sebuah lagu yang bagus. 

“Sulit. Menjadi penyanyi yang baik tidak sekadar mendapatkan nada dan ritme yang benar. Menurut saya, penyanyi yang baik adalah seseorang yang dapat menerjemahkan pesan dari sebuah lagu ke dalam ceritanya sendiri, dan menyampaikan banyak emosi tersebut kepada pendengar. Saya berusaha keras untuk bisa menjadi penyanyi seperti itu,” tuturnya.

Ketenaran Blackpink telah membawa grup di bawah naungan agensi YG Entertainment tersebut manggung di berbagai belahan dunia. Salah satunya di Festival Coachella pada 2019 di Amerika Serikat membawakan Kill This Love.

Rose mengakui, dia merasa terkesan tampil di panggung Coachella karena merasa dapat berkembang dan selangkah lebih maju. “Menjelang pertunjukan, saya sangat gugup. Coachella adalah panggung impian saya. Ketika naik ke panggung dan melihat penonton, saya tidak lagi berpikir tentang bagaimana penampilan saya. Saya hanya menikmatiknya,” tutur Rose yang menjadi duta YSL Korea.

Rose menambahkan, energi yang ia rasakan dari kerumunan penonton terasa sangat besar sehingga ia hanya mengalir mengikutinya. “Itulah artinya menjadi satu dengan penonton.”


Come back

Black pink telah berkolaborasi membuat lagu dengan sejumlah musisi internasional, di antaranya Dua Lipa (Kiss and Make Up), Lady Gaga (Shower Candy) dan Selena Gomez (Ice Cream).

Rose mengatakan duet dengan Selena Gomez merupakan salah satu impiannya. Namun, karena pandemi, kolaborasi tersebut dilakukan secara virtual. “Karena situasinya, kami (Blackpink) tidak dapat bertemu dan bekerja sama langsung. Sebaliknya, kami terhubung melalui panggilan video. Karena kami menjadi penggemar satu sama lain, kami dapat dengan mudah berbagi pemikiran melalui video call,” imbuhnya.

Ia mengatakan hal terpenting baginya saat ini ialah comeback Blackpink. “Ini adalah album full-length pertama yang kami kerjakan dengan keras untuk waktu yang lama. Kami merilis album studio pertama kami sekitar empat tahun setelah debut kami. Kami sedang mempersiapkan dengan giat untuk comeback sehingga kami dapat membuat penggemar terkesan.” (H-3)


 

BERITA TERKAIT