29 September 2020, 23:30 WIB

Upaya Cegah Longsor Tarakan, Membuat Saluran Air hingga Reboisasi


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

PENJABAT sementara Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Teguh Setyabudi akan menjalin kerja sama dengan Pemkot Tarakan guna mencegah terjadinya bencana tanah longsor yang berulang.

"Kami nanti bersama-sama nanti dengan Pak Wali Kota, antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kota kita kerja sama karena juga menyangkut dua urusan, ada urusan pemerintah provinsi, ada urusan kota," kata Teguh Setyabudi saat meninjau korban musibah tanah longsor di Tarakan, Selasa (29/9).

Langkah-langkah sementara agar kejadian tidak terulang lagi, seperti yang diungkapkan Wali Kota Tarakan Khairul, yakni membuat saluran air.

Namun, hal itu bersifat sementara, sedangkan tindak lanjut yang bersifat permanen, seperti reboisasi atau relokasi.

Baca juga: Keluarga Korban Longsor Tarakan Kesulitan Memulangkan Tiga Jenazah

Teguh mengungkapkan pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu dan tidak mau mengambil keputusan terburu-buru. Pemprov Kaltara dan Pemkot Tarakan akan bersama-sama dalam mencegah bencana alam itu pada masa mendatang.

Dia juga membeberkan pemerintah pusat akan datang ke daerah itu untuk memberikan kajian, sedangkan pihaknya akan mencermati hasil kajian tersebut.

Pada kunjungan itu, Teguh Setyabudi juga menyerahkan secara simbolis bantuan Pemprov Kaltara kepada warga terdampak musibah kebakaran dan tanah longsor.

Sekretaris Daerah Pemprov Kaltara Suriansyah mengatakan bantuan itu berupa paket sembako dan dana untuk masing-masing kepala keluarga Rp2 juta.(Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT