29 September 2020, 22:05 WIB

Cuma Rp675 Miliar, DPR Soroti Kecilnya Anggaran Perpusnas


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

KOMISI X DPR RI menyetujui pengajuan pagu anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas) 2021 sebesar Rp675 miliar dan memberikan dukungan penuh terhadap program-program yang akan dilaksanakan Perpusnas. Di sisi lain, Komisi X DPR juga mendesak Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Kementerian Keuangan untuk meningkatkan alokasi Perpusnas pada 2021.

“Anggaran yang diterima Perpustakaan Nasional memang sangat terbatas. Padahal, jika dilihat dari peran dan tanggung jawab Perpusnas cukup berat, yaitu sebagai pusat ilmu pengetahuan, pemberdayaan masyarakat dan kebudayaan," ucap anggota Komisi X DPR-RI Adrianus Asia Sidot, Selasa (29/9).

Sesuai tugasnya, Perpusnas harus mampu memaksimalkan perannya dalam mengatasi rendahnya budaya literasi, inovasi dan kreativitas masyarakat. Dukungan anggaran menjadi kunci untuk mengubah kondisi ini.

"Namun, efektivitas dan efisiensi anggaran perlu diperhatikan agar tepat sasaran. Pengawasan juga diperketat agar penyelewengan bisa ditekan sekecil mungkin,” ujar Adrianus. (H-2)

BERITA TERKAIT