29 September 2020, 21:23 WIB

Ini Jurus Luhut Tekan Pertumbuhan Korona


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, untuk menangani jumlah kenaikan kasus Covid-19, pihaknya fokus menangani dari hulu lalu ke hilir.

Menurutnya, ada dua strategi untuk mengatasi masalah dari hulu. Pemerintah, kata Luhut, bersama dengan berbagai pemangku kepentingan harus melakukan kampanye perubahan perilaku dan deteksi awal penyebaran Covid-19 serta menggencarkan tracing dan isolasi.

Langkah kedua menurut dia adalah membangun pusat-pusat karantina dan isolasi. Karantina terpusat disediakan untuk pasien Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) dan ringan di kota-kota dengan kasus Covid-19 tertinggi di delapan provinsi. 

Lokasi tersebut akan tetap menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan pasien, seperti peralatan kesehatan dan obat. Kemudian, strategi ketiga menurut Menko Luhut adalah strategi di hilir.

“Pada tahap ini kita membenahi manajemen perawatan pasien Covid19 untuk meningkatkan recovery rate (angka kesembuhan) dan menurunkan mortality rate (angka kematian)," elas Luhut.

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu menambahkan, untuk strategi hilir tersebut, Kementrian Kesehatan telah membuat protokol standar perawatan pasien covid-19.

Aturan itu menjadi acuan standar penanganan pasien Covid 19 dari derajat ringan, sedang hingga berat. Dalam buku panduan tersebut juga telah tercantum alat dan obat yang harus diberikan kepada para pasien Covid 19.

“Obat-obatan ini diutamakan berasal dari produksi dalam negeri,”jelas Luhut.

Per hari ini, Kemenkes mencatat ada 4.002 kasus baru positif covid-19 dalam sehari. Total kasus positif di Indonesia menembus 282.724 kasus. 10.601 orang meninggal dunia dan 210.437 pasien dinyatakan sembuh. (OL-8)

BERITA TERKAIT