29 September 2020, 20:39 WIB

Besok Hingga 2 Pekan Ke depan, Tol Manado-Danowudu Gratis


Insi nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu secara cuma-cuma alias gratis dalam waktu dua pekan.

Masyarakat dapat menggunakan jalan tol ini pada hari Rabu (30/9) pukul 09.00 WITA mulai dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20,50 Km.

"Sosialisasi dua minggu ini sekaligus untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat. Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan ada euforia. Ini yang bahaya," ujar Menteri PUPR dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (29/9).

Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) George I.M.P Manurung menjelaskan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu akan dioperasikan secara bertahap.

Saat ini, katanya, sedang tahap penyempurnaan fisik konstruksi terutama di akses Danowudu untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Namun, kami targetkan pada Sabtu (3/10) pukul 09.00 WITA, sekitar 6 Km lanjutan dari Kauditan hingga Danowudu akan dapat digunakan oleh masyarakat, sehingga Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu beroperasi secara penuh,” jelas George.

Baca juga : Presiden: Tol Manado-Danowudu Pacu Pertumbuhan Usaha Baru

Selaras dengan Menteri PUPR, George menambahkan, jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki Gerbang Tol (GT).

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu yang merupakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara sepanjang 26,35 Km secara virtual siang tadi.

“Sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 Km. Gerbang tolnya (GT Manado) hanya 9 Km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Jadi, sangat dekat," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jalan Tol Manado-Bitung telah dioperasikan secara fungsional hanya untuk kendaraan kecil pada periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 serta Lebaran 2019 guna membantu kelancaran arus transportasi.

Secara keseluruhan, total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Jalan Tol Manado-Bitung yang dibangun sejak tahun 2017 memiliki total investasi sebesar Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun. (OL-7)

BERITA TERKAIT