29 September 2020, 19:55 WIB

Polda Sulteng Bantu Wifi Gratis untuk Pelajar di Huntara Palu


M Taufan SP Bustan | Nusantara

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Sulawesi Tengah memberi bantuan sambungan wifi gratis kepada anak-anak penyintas korban bencana alam Palu yang kini berada hunian sementara. Bantuan itu diberikan dalam rangka peduli pendidikan di masa pandemi Covid-19.  

Bantuan ini diberikan atas kerja sama dengan Korem 132/Tadulako, Pemprov Sulteng, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan PT Telekomunikasi Indonesia cabang Palu. "Di awal kami memberikan bantuan wifi di hunian sementara di Jalan Batu Bata Indah, Kecamatan Palu Selatan," terang Kapolda Sulteng, Irjen Rakhman Baso, Selasa (29/9).

Menurut Kapolda, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, saat ini berdampak pada dunia pendidikan. Di mana, pemerintah telah menerapkan kebijakan pembelajaran sekolah dengan metode belajar sistem dalam jaringan atau online.

Rakhman mengatakan sistem pembelajaran daring memang memiliki beberapa masalah misalnya ketersediaan kuota jaringan internet. Hal ini menjadi beban bagi siswa dan guru guna melaksanakan pembelajaran daring tersebut, terutama bagi orang tua siswa berpenghasilan rendah.

"Karena itu, Polda Sulteng, telah bersinergi dengan Korem 132/Tadulako, Pemprov Sulteng, BPMD, OJK dan Telkom untuk memberikan bantuan wifi gratis kepada masyarakat tidak mampu utamanya yang tinggal di huntara sebagai wujud peduli pendidikan pada masa pandemi Covid-19 ini," ungkapnya.

Rakhman menambahkan, bahwa layanan internet tersebut telah dipasang di beberapa titik lokasi yaitu huntara Diponegoro sebanyak dua access point, huntara Batu Bata Indah satu access point dan huntara Petobo sebanyak dua access point.

"Saya mengharapkan fasilitas tersebut hanya dipergunakan untuk proses belajar mengajar bagi para siswa dengan metode daring serta tidak dipergunakan untuk kepentingan yang lain," tandasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT