29 September 2020, 19:10 WIB

Ada yang Merasa Kebal Covid-19, Satgas : tidak Seorangpun Kebal


Andhika Prasetyo | Humaniora

BADAN Pusat Statistik (BPS) melakukan survei terkait perilaku masyarakaat di masa pandemi. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 17% dari 90.967 responden merasa yakin tidak tertular covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pun angkat bicara.

"Kita menyayangkan adanya persepsi masyarakat yang menyatakan kebal terhadap covid-19," ujar Wiku di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9).

Ia menegaskan, tidak ada manusia yang kebal terhadap covid-19. Tua atau muda, kaya atau miskin, semua memiliki potensi untuk tertular.

Baca juga : Ini Alasan Makan di Restoran Dilarang saat Pandemi Covid-19

"Jangan sekali-sekali berpikir bahwa karena rajin olahraga atau berdiam diri di rumah, kita bisa kebal. Tertular itu bisa mudah terjadi, dari siapapun yang kita temui," tuturnya.

Ia pun kembali mengingatkan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak harus menjadi kebiasaan baru yang tidak boleh ditinggalkan.

Termasuk ketika berada di lingkungan rumah Jika di dalam satu keluarga terdapat anggota yang aktif beraktivitas di luar rumah, protokol kesehatan harus dijalankan demi menjaga anggota keluarga lainnya terutama yang rentan terapar.

"Sebagai upaya preventif, kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan merupakan suatu keharusan. Kita semua tahu sangat sulit untuk tidak bertemu keluarga. Oleh karena itu kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan merupakan hal yang sangat utama dalam menjaga keselamatan keluarga kita," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT