29 September 2020, 19:03 WIB

Wagub DKI : Lockdown Tingkat RW Sudah Berjalan sejak April


Hilda Julaika | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Jakarta sebetulnya sudah menerapkan konsep lockdown mini yang disarankan oleh Presiden Joko Widodo.

"Terkait mini lockdown kami senang arahan petunjuk dari Presiden untuk diberlakukan kemungkinan mini lockdown. Perlu juga kami sampaikan sejak awal, kami juga sudah melakukan mini lockdown dengan istilah lain," kata Riza saat diwawancarai di salah satu televisi nasional, Selasa (29/9).

Menurutnya konsep Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK) telah dilakukan sejak April 2020 dengan program bernama Kampung Siaga di mana ada pembatasan keluar-masuk RW yang masuk zona merah.

Baca juga : DPRD Sebut Lockdown Mini di Jakarta Lebih Efektif Ketimbang PSBB

"Ada istilah PSBK jadi berskala kampung, kami ada program sejak awal namanya kampung siaga jadi setiap RW di Jakarta kami batasi. Alur keluar masuknya. Itu sejak April. Sudah kami gagas dan kami implementasikan," jelasnya.

Bahkan menurutnya sudah ada Gugus Tugas di setiap RW yang melibatkan masyarakat. Termasuk di gedung-gedung seperti mal, pasar, gudang. Pihaknya pun menilai Gugus Tugas ini sudah berjalan efektif.

"Di gedung-gedung juga sudah kami minta karena keterbatasan aparat setiap unit kegiatan, di mal, di pasar, di gudang, di kawasan di mana pun harus membentuk Satgas Gugus Tugas yang memastikan protokol covid-19 dijalankan. Jadi yang disarankan presiden sudah kami laksanakan," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT