29 September 2020, 18:50 WIB

Sebaran Covid-19 Denpasar Merambah Klaster Keluarga


Ruta Suryana | Nusantara

Penyebaran Covid-19 di Kota Denpasar kini telah merambah klaster baru di lingkungan keluarga. Untuk itu, masyarakat diminta wajib lebih waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, walaupun saat sedang di rumah.

"Jadi ada tren penularan dalam lingkup keluarga, dan ini harus kita waspadai bersama dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan di rumah atau saat dengan keluarga," ujar Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra saat memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 secara virtual di Graha Sewaka Dharma Kota Denpasar, Selasa (29/9).

Dalam arahannya, Walikota Rai Mantra menekankan beberapa hal penting untuk ditindaklanjuti yang mengacu pada peningkatan intensitas penularan yang terjadi pada klaster keluarga. Selain itu, masyarakat juga diminta melaksanakan analisis risiko dengan menerapkan protokol Ventilasi, Durasi, dan Jarak (VDJ).

"Protokol VDJ juga penting selain protokol kesehatan, sehingga masyarakat sebisa mungkin mengatur ventilasi atau sirkulasi udara dengan membuka jendela, mengurangi interaksi dengan anggota keluarga yang memiliki aktivitas di luar rumah, atau jika harus berkomunikasi terapkan protokol kesehatan," kata Rai Mantra.

Selain klaster keluarga, Walikota Rai Mantra juga turut mengimbau kepada aparatur Desa/Kelurahan, Bendesa Adat hingga Kaling dan Kadus untuk mengintensifkan program kerja guna menurunkan risiko penularan. Hal ini dapat dilaksanakan dengan menggandeng kader PKK, Posyandu, Jumantik, pemuka agama, serta stakeholder lainnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT