29 September 2020, 18:20 WIB

Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di Kota Tasikmalaya Penuh


Kristiadi | Nusantara

PENUHNYA ruang perawatan bagi pasien covid-19 di rumah sakit swasta dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo, membuat Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat harus mengoperasikan kembali salah satu bangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya sebagai lokasi perawatan.

"Kami memprediksi bangunan Rusunawa bisa langsung penuh oleh pasien terkonfirmasi positif. Karena ini akan mengkhawatirkan ada penambahan pasien Covid-19 lainnya hingga sekarang jumlahnya setiap hari juga semakin bertambah. Sedangkan, untuk hasil tracing terkonfirmasi positif melalui swab massal itu sampai sekarang sudah mencapai 800 orang," ujar Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Selasa (29/9).

Ia memaparkan, kondisi Kota Tasikmalaya sekarang sangat serius. Banyak terkonfirmasi kasus positif covid-19 dan kenaikanna beberapa kali lipat dari jumlah kasus gelombang pertama.

"Saya harap masyarakat lebih menyadari bahayanya pandemi korona, karena jumlahnya sekarang sudah mencapai 145 kasus di antaranya 78 pasien mendapat perawatan, 8 orang meninggal dunia dan 59 orang sembuh," paparnya.

Lebih jauh, Budiman emngatakan mengatakan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dari klaster pesantren sekarang mengalami peningkatan kembali hingga jumlahnya telah mencapai 33 orang.

Menurutnya, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang paling banyak dari klaster pesantren di Kecamatan Cihideung. Belum lagi klaster lainnya untuk proses tracing masih berlangsung. (R-1)

BERITA TERKAIT