29 September 2020, 17:09 WIB

Beri Bantuan ke UMKM, Jokowi: Jangan Patah Semangat


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo kembali menyalurkan bantuan modal kerja kepada para pelaku usaha mikro di daerah Bogor, Jawa Barat, Selasa (29/9).

Di depan puluhan pedagang, kepala negara berpesan untuk tidak mengendurkan semangat. Usaha yang dijalank harus terus berlanjut walaupun omset yang diterima tidak sebesar ketika pandemi belum menyerang.

"Semangat kerja jangan sampai kendur. Pertahankan usaha Bapak dan Ibu. Jangan sampai tutup. Jangan sampai rugi. Untung sedikit tidak apa-apa tapi jangan sampai tutup. Karena kalau sampai tutup untuk memulai awal tahun depan akan lebih sulit lagi," ujar Jokowi saat memberikan bantuan.

Sebagai seseorang yang berlatar belakang pengusaha, ia menyadari betul bagaimana sulitnya untuk bertahan di situasi yang sangat sulit akibat krisis, dalam hal ini, pandemi covid-19.

Tetapi, ia menegaskan bahwa menyerah bukanlah pilihan karena situasi di Tanah Air berpeluang untuk kembali membaik setelah vaksin selesai diproduksi dan disebarkan kepada masyarakat pada tahun depan.

"Saya memahami. Saya mengerti sekali. Saya juga memulai seperti Bapak Ibu sekalian. Usaha pasti naik turun. Tapi jangan sampai kita kehilangan momentum. Jangan sampai, saat sudah normal, modal kerja tidak ada. Ini yang harus betul-betul dihitung," pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT