29 September 2020, 17:04 WIB

Pemkab Banyumas Siapkan 4.000 Alat Swab Test


Lilik Darmawan | Nusantara

MELONJAKNYA kasus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan 4 ribu alat tes usap. Khusus untuk di pondok pesantren (ponpes), Pemkab bakal berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) dan Rabithah Maâ'ahid Islamiyah (RMI) jika nantinya melakukan tes usap.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan tes usap, termasuk ke ponpes-ponpes. "Namun demikian, khusus untuk ke ponpes, tes swab dilakukan setelah ada permintaan. Kami akan melakukan koordinasi dengan RMI maupun FKPP terlebih dahulu," kata Bupati, Selasa (29/9).

Dijelaskan Bupati, beberapa waktu lalu, pihaknya juga telah  memberikan 5.000 alat rapid tes untuk ponpes-ponpes yang ada di Banyumas. Sebagian besar telah digunakan. "Ponpes harus senantiasa  dijaga agar jangan sampai semakin meluas. Untuk kasus di ponpes, sudah
ada 17 santri yang sembuh dan kini telah disiapkan tempat di ponpes," ujarnya.

Selain menyiapkan alat tes usap, pihaknya juga menyiapkan bantuan masker serta vitamin  untuk meningkatkan imunitas. "Jumlah masker dua  kali lipat jumlah santri yang ada. Pemkab memberikan bantuan logistik bagi yang terkena lockdown lokal. Pemerintah tidak akan lepas tangan  terkait penyiapkan logistik. Selain itu, disinfektan juga disiapkan," tambahnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT