29 September 2020, 15:20 WIB

PSBB, DPRD Minta Anies Dorong Pusat Beri BLT ke Warga DKI


Hilda Julaika | Megapolitan

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak mendorong Gubernur Anies Baswedan untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga. Terlebih PSBB dan pandemi belum diketahui kapan berakhirnya. BLT ini dibutuhkan masyarakat untuk mendorong roda perekonomian di masyarakat.

“Saya kira yang terbaik untuk kondisi sekarang adalah memberikan bansos dalam bentuk BLT, bukan paket seperti sebelumnya. Daya beli masyarakat sangat rendah, dan uang yang beredar dengan BLT akan meningkatkan roda ekonomi DKI. Soalnya sekitar 67% uang beredar ada di DKI. Dampaknya akan terasa secara nasional,” kata Gilbert kepada Media Indonesia, Selasa (29/9).

Baca juga: Epidemiolog: PSBB DKI Sebaiknya Terus Diperpanjang

Namun, kebijakan BLT ini memang milik Pemerintah Pusat. Sehingga perlu ada dorongan dari Anies. Karena daerah menyesuaikan kebijakan ke pusat.

“Daerah itu menyesuaikan ke Pusat. Kalau pusat kasih paket, mereka sediakan sejumlah yang disepakati dari awal. Kalau pusat BLT, maka mereka juga akan BLT sejumlah yang disepakati juga,’ jelasnya.

Hal yang serupa diutarakan Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz, pihaknya sepakat jika pemerintah menggelontorkan BLT. Karena akan menggerakan ekonomi rakyat kecil. “Kami setuju BLT karena akan menggerakan juga ekonomi rakyat di bawah. Tapi kebijakan tersebut ada di pemerintah pusat,” katanya.

Pihaknya pun sudah membicarakan dengan Anies Baswedan. Menurut keterangannya, Anies siap memberikan BLT jika ada arahan dari Pemerintah Pusat.

“Ya saya sudah bicarakan dengan jajaran beliau (Anies). Mereka siap kalau ada arahan dari pusat,” tandasnya.

BERITA TERKAIT