29 September 2020, 15:20 WIB

Presiden: Tol Manado-Danowudu Pacu Pertumbuhan Usaha Baru


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo kembali meresmikan ruas tol baru di Tanah Air. Setelah pada Jumat (25/9) lalu secara resmi membuka Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, kini giliran ruas Tol Manado-Danowudu yang merupakan bagian dari Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara.

Dengan diresmikannya jalan bebas hambatan sepanjang 26 kilometer tersebut, Presiden optimistis kegiatan ekonomi di kawasan akan berkembang semakin pesat. Sulut memiliki banyak potensi dari sisi ekonomi, mulai dari industri perikanan, pertanian, perkebunan dan yang paling utama adalah pariwisata.

"Jalan tol ini dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri baik pariwisata serta yang lainnya. Jalan tol ini akan mempercepat akses, jadi mudah dijangkau dan mudah dikembangkan," ujar Jokowi saat meresmikan Tol Manado-Danoduwu secara virtual, Selasa (29/9).

Ruas Manado-Danowudu merupakan bagian dari Tol Manado-Bitung yang rencananya akan memiliki panjang 40 kilometer. Saat ini, ruas Danowudu-Bitung masih dalam proses pengerjaan dengan progres mencapai 66%. Diproyeksikan, sisa ruas tersebut akan rampung pada Juni 2021 mendatang.

Jika sudah selesai secara menyeluruh, waktu tempuh dari Manado menuju Bitung dan sebaliknya yang biasanya memerlukan 90 menit, nantinya bisa ditempuh hanya dalam 30 menit.

"Ini sebuah perubahan kecepatan yang sangat pesat. Biaya logistik dari pusat-pusat industri ke Pelabuhan Internasional Bitung bisa ditekan sehingga produk-produk yang dihasilkan lebih efisien dan memiliki daya saing lebih kuat," papar Presiden.

Dengan rampungnya jalan tol terpanjang di Sulawesi itu, kepala negara juga meyakini investasi yang akan masuk ke kawasan tersebut akan semakin besar.

Usaha-usaha baru akan bermunculan yang akhirnya akan menciptakan banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat. "Kita harap kawasan ini bisa berkembang lebih baik lagi setelah berakhirnya pandemi," tandas Jokowi. (P-2) 
 

BERITA TERKAIT