29 September 2020, 11:20 WIB

Perangi Korona, Daewoong Siap Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PANDEMI covid-19 telah menyerang hampir semua negara dunia. Penyebaran virus tersebut bahkan melampaui batas-batas negara. Itu sebabnya dibutuhkan kebersamaan untuk memerangi virus tersebut.

Sebagaimana virus korona melampaui batas-batas negara, sudah saatnya kerja sama semua negara dunia untuk memerangi virus tersebut. Berangkat dari situ, perusahaan kesehatan Korea, Daewoong Pharmaceutical siap memimpin upaya pengentasan pandemi global dengan menyelesaikan pengembangan tiga jenis perawatan covid-19 yang diperkirakan akan rampung pada 2021 dan akan mendistribusikannya ke lembaga medis/kesehatan.

Baca juga: Lawan Covid-19, Indonesia Butuh energi Positif Semua Warga

"Per September ini, jumlah kasus covid-19 yang terkonfirmasi mencapai lebih dari 30 juta dengan jumlah kematian yang meningkat sekitar satu juta. Namun, hingga saat ini, perawatan atau vaksin masih dikembangkan dan belum tersedia. Daewoong Pharmaceutical mengembangkan tiga jenis perawatan covid-19, yakni  Camostat, Niclosamide (DWRX2003), dan perawatan sel punca (DWP710) secara bersamaan untuk menyediakan pilihan tindakan bagi tenaga kesehatan," kata Sengho Jeon, CEO Daewoong Pharmaceutical.

Daewoong Pharmaceutical mengembangkan tiga jenis perawatan covid-19 dengan memanfaatkan teknologi dan kemampuan R&D perusahaan dalam rangka mengatasi pandemi dengan cepat dan menyediakan solusi bagi lembaga kesehatan. Perusahaan berencana mengembangkan perawatan berdasarkan kondisi pasien, seperti kesulitan pernapasan ringan, sedang, parah, dan akut, serta menyediakan perawatan kesehatan yang mempertimbangkan kemudahan pemberian obat oral dan injeksi.

Mereka juga mengembangkan perawatan covid-19 menggunakan bahan-bahan Camostat yang telah dipasarkan sejak 2012 sebagai pengobatan pankreatitis. Produk ini diharapkan efektif dalam merawat pasien bergejala ringan dan sedang. Sebagai obat oral, produk berbahan Camostat dapat diresepkan  sehingga pasien tidak perlu dirawat inap.

"DWRX2003" merupakan perawatan covid-19 yang menggunakan Niclosamide dengan komponen anthelmintik. Produk inovatif ini menggunakan teknologi IM Depot Injection, teknologi unggulan yang dikembangkan di Daewoong Pharmaceutical. Berdasarkan penelitian Niclosamide telah terbukti memiliki efek antivirus yang lebih unggul dibandingkan dengan remdesivir atau chloroquine, namun efektivitasnya dapat menurun jika diberikan secara oral. Saat ini uji klinis fase 1 telah diajukan di Korea, di India dan Filipina uji klinis dilakukan kepada orang yang sehat dan pasien," cetus Sengho Jeon.

Perawatan sel punca DWP710 juga sedang dikembangkan untuk perawatan Sindrom Gangguan Pernapasan Akut (ARDS) dengan tingkat kematian pasien covid-19 sebesar 40%. Uji klinis Fase 1 sedang dilakukan di Indonesia untuk mengatasi gejala dispnea dan mengurangi tingkat kematian dengan efek kekebalan dan mengendalikan inflamasi pada pasien dengan menggunakan sel punca.

“Kami akan berhasil mengembangkan pengobatan perawatan covid-19 dan berupaya menormalkan perekonomian Indonesia dan melindungi masyarakat dari ancaman covid-19. Kami mohon dukungan aktif dari pemerintah dan rumah sakit Indonesia agar kami mampu menyelesaikan pengembangan tersebut,” kata Sengho Jeon. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT