29 September 2020, 14:52 WIB

Prospek Digital Toyota Astra Motor Meningkat


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PROSPEK digital Toyota Astra Motor meningkat di tengah pandemi covid-19. Sebelum adanya pandemi prospek digital sebesar 15 hingga 20%, kini setelah pandemi mencapai 40-50%.

"Sekarang bertambah menjadi 40-50% prospek. Prospek ini artinya kustomer berniat membeli mobil. Dari situ di follow up, jadi banyak minat pembeli melalui digital," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam Workshop Wartawan Industri 2020, Selasa (29/9).

Adanya pandemi dan PSBB menyebabkan pihaknya tidak bisa menggelar pameran atau expo secara langsung di mal atau supermarket. Untuk menyiasatinya, PT Toyota Astra Motor menggelar expo virtual atau online.

"Virtual expo kami pernah dikunjungi 130 ribu orang. Mereka lihat website atau sosial media kami. Dan kita berencana buat showroom virtual di akhir tahun ini. Jadi para visitor bisa berkunjung 24 jam melalui website kami untuk lihat produknya," jelas Anton

Selain itu, Anton menerangkan, PT. Toyota Astra Motor mencatat ada peningkatan penjualan sebesar 31,7% dari Juni hingga Agustus 2020.

“Kita bisa lihat impact covid-19 berdampak besar pada bulan April dan Mei penjualan industri 17 ribu mobil dan penjualan Toyota drop ke 6.700 mobil. Namun, perlahan naik ke angka 30 ribu mobil. Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan 2019," jelas Anton.

Untuk produk Toyota SUV seperti Rush dan Fortuner, Anton mengatakan, rata-rata penjualan mencapai 3.600 unit per bulan periode Januari-Agustus atau 37,5% market share. Sedangkan produk MPV seperti Kijang Innova dan Avanza, ungkapnya paling diminati di market share.

“Sekitar 60% dari segmen untuk MPV dan SUV sudah mencapai 25%. Ini tak lepas dari minat konsumen," pungkas Anton. (E-3)

BERITA TERKAIT