29 September 2020, 14:23 WIB

Lawan Covid-19, Sekjen PBB Serukan Solidaritas


Nur Aivanni | Internasional

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan solidaritas untuk melawan covid-19. Sebab, kasus kematian akibat covid-19 di dunia sudah lebih dari 1 juta orang.

"Dunia kita telah mencapai tonggak yang menyedihkan. Hilangnya 1 juta nyawa akibat pandemi covid-19," ujar Guterres dalam sebuah pesan video.

Menurutnya, penyebaran covid-19 di sejumlah negara sulit berakhir. Begitu pula dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang hilang, terganggunya sektor pendidikan dan pergolakan dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Korban Tewas Covid-19 di Dunia Lewati Angka 1 Juta

"Kita bisa mengatasi tantangan ini. Tapi kita harus belajar dari kesalahan. Kepemimpinan yang bertanggung jawab itu penting. Sains itu penting. Kerja sama itu penting," imbuh Guterres.

Mengingat pencarian vaksin covid-19 masih berlanjut, dia mengajak semua orang untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Saat kita mengingat begitu banyak nyawa yang hilang, jangan pernah lupa bahwa masa depan kita bertumpu pada solidaritas," pungkasnya.(Xinhua/OL-11)

BERITA TERKAIT