29 September 2020, 13:55 WIB

Enam Titik Panas Terdeteksi di Babel


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

TITIK panas atau hotspot yang diduga adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terpantau satelit berada di tiga kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Selasa (29/9).

Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel. Mikron Antariksa mengatakan setelah sempat menghilang selama seminggu ini, titik panas kembali terdeteksi di Kabupaten Bangka, Bangka tengah Belitung dan Bangka selatan.

"Bangka titik panas ada di kecamatan Belinyu dan Puding Besar, sedangkan di Bangka Selatan di kecamatan Payung kalau di belitung di sijuk, bangka Tengah di Simpang katis,"kata mikron. Kamis (24/9).

Enam titik panas ini, menurutnya tingkat akurasi delapan,,"kalau delapan ini cukup tinggi kuat dugaan itu karhutla," ujarnya. Hanya saja, lanjut Mikron untuk memastikan karhutla atau bukan, tim reaksi cepat (TRC) harus melakukan pemantauan ke titik lokasi.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada selain itu, masyarakat diminta jangan buka kebun dengan cara membakar, karena sangat berbahaya, mengingat kondisi angin yang kencang saat ini. (OL-13)

Baca Juga: Percepat Transformasi Digital dengan Sinergi Teknologi

 

BERITA TERKAIT