29 September 2020, 11:10 WIB

Korban Tewas Covid-19 di Dunia Lewati Angka 1 Juta


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

JUMLAH warga dunia yang meninggal dunia karena covid-19 telah melampaui angka 1 juta, kata para peneliti. Banyak wilayah masih melaporkan lonjakan jumlah infeksi baru.

Penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins menunjukkan kematian di Amerika Serikat (AS), Brasil, dan India mencapai hampir setengah dari jumlah itu.

Para ahli mengingatkan angka sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi, BBC melaporkan, Selasa (29/9).

Baca juga: WHO : Kematian Global Covid 19 Mungkin Lebih Kecil Dari Sebenarnya

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres menyebut hal itu sebagai angka yang ‘mematikan pikiran’ dan ‘tonggak yang menyakitkan’.

"Namun, kita tidak boleh melupakan nyawa setiap individu," ujarnya dalam pesan video.

"Mereka adalah ayah dan ibu, istri dan suami, saudara laki-laki dan perempuan, teman dan kolega. Rasa sakit ini bertambah banyak dengan kebengisan penyakit ini," lanjutnya.

Perkembangan tersebut terjadi hampir 10 bulan setelah berita covid-19 mulai muncul di Wuhan, Tiongkok.

AS memiliki jumlah kematian tertinggi di dunia dengan sekitar 205.000 kematian diikuti Brasil dengan 141.700 dan India dengan 95.500 kematian.

Pandemi covid-19 telah menyebar ke 188 negara dengan lebih dari 32 juta kasus yang dikonfirmasi. Penguncian dan tindakan lain untuk mencoba menghentikan penyebaran virus telah membawa banyak negara ke dalam resesi.

Sementara itu, upaya untuk mengembangkan vaksin yang efektif terus berlanjut--meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan jumlah kematian bisa mencapai dua juta sebelum satu vaksin tersedia secara luas. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT