29 September 2020, 11:02 WIB

Kementan Beri Bantuan Alsintan Sebelum dan Sesudah Panen di Klaten


mediaindonesia.com | Nusantara

DUKUNGAN untuk meningkatkan pertanian di Klaten, Jawa Tengah, dilakukan Kementerian Pertanian. Melalui Ditjen Prasarana dan Sarana (PSP), Kementerian Pertanian memberikan bantuan sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan), dari alsintan pra panen hingga pasca panen.

Bantuan yang diberikan Kementan sebanyak 131 unit Alsintan senilai Rp 8,4 miliar dan di antaranya traktor roda empat, hand sprayer elektrik, hand traktor roda dua, pompa air, cultivator, rice transplanter, power threser dorong, combine harvester kecil, besar, dan sedang, combine harvester besar multi komoditas.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap bantuan ini bisa membantu meningkatkan produktivitas pertanian di Klaten, Jawa Tengah.

“Kementerian Pertanian sangat concern untuk meningkatkan produksi pertanian. Dengan bantuan alsintan yang kita berikan, kita harapkan produksi pertanian juga meningkat karena dengan cara ini kita bisa menjaga ketahanan pangan nasional,” kata Mentan SYL, Selasa (29/9).

Sementara Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, mengatakan  petani harus memanafaatkan alsintan untuk meningkatkan produksi.

“Alsintan menjadi bagian tidak terpisahkan untuk petani, khususnya untuk meningkatkan produksi. Dengan alsintan, losses bisa ditekan dan imbasnya produksi meningkat,” katanya.

Tidak itu saja, Sarwo Edhy menjelaskan jika alsintan bisa dimanfaatkan untuk pertanian dari hulu hingga hilir.

“Alsintan bisa menemani aktivitas pertanian dari oleh tanah hingga pengemasan,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten Widiyanti mengatakan wilayah Klaten masih banyak lahan pertanian. Untuk itu, bantuan ini dipastikan sangat berguna.

"Kabupaten Klaten terkenal sebagai daerah agraris, sekitar 45% lebih lahan yang ada di Klaten merupakan lahan pertanian. Terlebih saat ini petani rata-rata berada di atas usia produktif, maka ketersediaan sarana sangat menunjang," kata Widiyanti.

Dengan kondisi itu, kata Widiyanti, keberadaan dan ketersediaan sarana dan pra sarana pertanian sangat dibutuhkan oleh para petani di Kabupaten Klaten. Terutama guna menunjang produktivitas hasil pertanian. (OL-09)

BERITA TERKAIT