29 September 2020, 10:57 WIB

Kantor Imigrasi Palu Perpanjang Izin Tinggal WNA Akibat Pandemi


mediaindonesia.com | Nusantara

KANTOR Imigrasi Kelas I TPI Palu di Sulawesi Tengah tetap melakukan perpanjangan izin tinggal warga negara asing (WNA) di daerah itu yang belum bisa pulang karena terkait pandemi covid-19.

"WNA yang ada di Sulteng dan belum bisa kembali ke negaranya, diberi kesempatan untuk memperpanjang izin tinggal dengan batas waktu belum ditentukan," kata Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu Sahedi di Palu, Selasa (29/9).
  
Ia mengaku di Sulteng ada beberapa warga asing yang izin tinggal diperpanjang karena mereka belum bisa pulang. Imigrasi tetap memberikan pelayanan terbaik bagi semua warga negara, termasuk WNA yang ada di Provinsi Sulteng. Namun, demikian, pemberian izin tinggal darurat karena terkendala covid-19 harus dilakukan langsung di Kantor Imigrasi Palu dengan mengacu kepada mekanisme dan peraturan yang berlaku serta tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

"Semua kegiatan yang dilakukan oleh imigrasi tetap mengacu pada pedoman protokol kesehatan covid-19," lanjut Suhedi.

baca juga: Ketua dan Anggota KPU Makassar Positif Korona

Ia menambahkan pengawasan terhadap masuk dan keluarnya orang asing di Sulawesi Tengah tetap berjalan karena di setiap kabupaten dan kota sudah terbentuk Timpora (tim pengawasan orang asing). Timpora terdiri dari berbagai institusi di masing-masing daerah. Dengan begitu, kata dia, semakin memudahkan dan mendekatkan pengawasan orang asing yang berada di kabupaten dan kota. Sebab kantor imigrasi sendiri masih kekurangan tenaga. (Ant/OL-3)


 

BERITA TERKAIT