29 September 2020, 10:39 WIB

Menlu Tiongkok Sebut Kebijakan Perdagangan AS Bawa Bencana


Faustinus Nua | Internasional

MENTERI Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, Senin (28/9), mengatakan pandemi covid-19 adalah seruan yang membangunkan dunia dan kesalahan kebijakan perdagangan akan memperburuk keadaan di tengah krisis.

"(Kesalahan perdagangan) hanya akan membawa bencana yang lebih besar", katanya merujuk pada hubungan dagang Amerika Serikat (AS)-Tiongkok yang terus memburuk.

Menurutnya, di tengah pandemi, negara-negara harus berjuang bersama dan mengabaikan segala perbedaan. Hal itu karena covid-19 merupakan krisis global yang harus diselesaikan bersama.

Baca juga: WHO : Kematian Global Covid 19 Mungkin Lebih Kecil Dari Sebenarnya

"Selain bekerja sama dan saling membantu, kita tidak punya pilihan lain," kata Wang.

"Seperti yang ditekankan Sekretaris Jenderal PBB (Antonio) Guterres, epidemi ini bukan hanya peringatan, tetapi juga latihan krisis. Dalam menghadapi tantangan global seperti epidemi, jika kita menempuh jalan kita sendiri atau memperlakukan tetangga kita sebagai musuh, itu hanya akan membawa bencana yang lebih besar," lanjutnya

Wang berusaha menempatkan Tiongkok sebagai kekuatan utama yang bertanggung jawab. Sehingga, negara-negara lain seharus membangun hubungan yang baik, bukah malah saling mengkritik penanganan pandemi.

Pernyataan Wang itu datang beberapa hari setelah AS dan Tiongkok saling menyerang di sidang PBB terkait wabah covid-19. Dan diplomat top Tiongkok itu mengatakan masing-masing negara telah menjadikan PBB untuk kepentingan pribadi.

"Mengubah tempat internasional PBB yang khusyuk menjadi ruang pertunjukan untuk melayani mereka yang memiliki politik dan kepentingan pribadi," katanya.

Tiongkok telah membentuk kembali narasi pandemi dari wabah awal di Wuhan menjadi kisah keberhasilan negara itu dalam menghentikan penyebaran covid-19. Tetapi AS telah membuat negara-negara mengkritik Beijing karena penanganan pandemi tersebut. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT