29 September 2020, 10:06 WIB

Syarat Hotel Jadi Tempat Isolasi OTG Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta mengajukan daftar berisi 30 hotel di Jakarta untuk dijadikan fasilitas isolasi bagi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) covid-19. Total ada 4.116 kamar yang disediakan di 30 unit hotel itu.

Dari jumlah itu, sudah ada dua hotel yang terisi oleh OTG. "Baru dua hotel. Kenapa dua? Karena dua itu yang sudah diverifikasi oleh tim Satgas Covid-19. Nanti yang lain tentunya menyusul sesuai dengan kebutuhan," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Krishandi saat dihubungi, Senin (28/9).

Ia pun mengatakan tak mudah bagi hotel agar bisa lolos verifikasi Satgas Penanganan Covid-19. Ia membeberkan beberapa syarat penting yang menjadi pertimbangan bagi hotel yang lolos verifikasi tersebut.

"Protokol kesehatannya bagus dan kebersihannya juga baik," jelasnya. Syarat lain, terdapat kamar dan keamanan yang memadai.

Dua syarat yang tak kalah penting ialah jaraknya dengan RS rujukan covid-19 dan lokasi hotel yang bersangkutan. Lokasinya sebisa mungkin menyebar agar merata bagi warga di seluruh DKI.

"Misalnya dia di Lebak Bulus lalu RS rujukan terdekatnya di mana dan apakah kapasitas tempat tidur perawatan khusus covid masih memadai? Kalau dia dari Lebak Bulus harus ke Jakarta Utara kan jauh. Faktor itu juga dilihat," kata Krishandi.

Sebelum diverifikasi, pengelola hotel pun harus memastikan koordinasi dengan RS rujukan covid-19 terdekat cukup baik. "Koordinasi harus baik. Karena begitu OTG punya gejala memberat dia harus dibawa ke RS rujukan," tegasnya.

Krishandi menambahkan daftar 30 unit untuk isolasi OTG ini bukan berarti ia berharap harus terisi penuh semua. "Kami bukan berharap banyak orang kena covid-19 lantas diinapkan di hotel biar laku. Tapi ini stok lo. Ada stok. Kalau ternyata terisi kurang dari segitu ya bagus. Malah kita berharap kasus semakin berkurang jadi tidak perlu ada yang diinapkan di hotel," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat menyiapkan hotel-hotel untuk isolasi OTG Covid-19. Penyediaan hotel ditujukan apabila kapasitas RS Wisma Atlet makin penuh. Hotel-hotel ini akan dibiayai oleh APBN. (OL-14)

BERITA TERKAIT