29 September 2020, 09:46 WIB

Arteta Akui Arsenal Kalah Kelas dari Liverpool


Akmal Fauzi | Sepak Bola

MANAJER Arsenal Mikel Arteta mengakui timnya kalah kelas usai ditaklukan Liverpool 3-1 dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, Selasa (29/9) dini hari WIB. Ia mengaku permainan timnya masih harus ditingkatkan.

The Gunners—julukan Arsena—sempat mencuri keunggulan selepas Alexandre Lacazette memanfaatkan kesalahan Andy Robertson.

Sadio Mane kemudian menyamakan skor untuk Liverpool, sebelum Robertson menebus kesalahannya dengan membawa timnya berbalik unggul. Rekrutan anyar the Reds, Diogo Jota, memastikan raihan tiga poin bagi jawara Liga Primer Inggris itu di babak kedua.

Baca juga: Menjamu Arsenal, Liverpool Digdaya dengan Skor 3-1

"Kami memberikan perlawanan dalam sebagian besar permainan. Kenyataannya adalah mereka lebih superior dari kami dalam banyak aspek. Anda bisa melihatnya dalam beberapa fase,” kata Arteta.

Arteta menilai Liverpool telah menatapkan stardar tinggi di Liga Primer Inggris. Standar itu bahkan disebutnya mungkin yang tertinggi selama beberapa tahun terakhir.

“Mereka (Liverpool) menetapkan standar dan mungkin yang terbaik di Liga Primer Inggris selama beberapa tahun terakhir. Di sinilah kami harus mencapainya dan jelas kami masih jauh untuk mencapainya,” ujar Arteta.

Ia mengakui, untuk mencapai standar Liverpool masih panjang, tetapi bukan berarti mustahil. Arsenal berada di trek yang tepat untuk menyamai level permainan Liverpool.

"Saya sangat senang dengan cara tim bersaing dan terus menjaga kepercayaan. Ini adalah standar yang harus kami capai. Kami berada dalam perjalanan yang berbeda. Mereka telah bersama-sama selama lima tahun, kami baru menjalani beberapa bulan,” kata Arteta.

The Gunners mungkin datang ke laga ini sebagai tim yang tidak diunggulkan namun mereka pernah dua kali mengalahkan Liverpool dalam dua bulan terakhir, di Liga Primer Inggris dan di Community Shield.

Sebelum kalah dari Liverpool, Arsenal memenangkan enam pertandingan terakhir, terhitung sejak musim lalu. Rentetan hasil positif itu menunjukkan Arsenal berkembang di bawah asuhan Arteta.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp juga memuji bangkitnya the Gunners di bawah asuhan Arteta. Ia mengaku senang melihat rivalnya tersebut berkembang walaupun itu bisa menjadi kabar buruk buat timnya.

"Arsenal adalah klub yang fantastis dan oleh karena itu, sebagai seorang fans sepak bola, saya merasa senang melihat mereka dalam kondisi seperti ini," kata Klopp. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT