29 September 2020, 09:41 WIB

Hari Ini, Jokowi akan Resmikan Tol Manado-Danowudu


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo akan meresmikan proyek jalan tol Manado—Bitung untuk ruas Manado—Danowudu secara virtual, Selasa (29/9). Hal itu disampaikan Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

"Peresmian jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu oleh Presiden RI Joko Widodo akan dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di YouTube Sekretariat Presiden pukul 14.00 WIB atau 15.00 Wita," ungkap Heru dalam keterangan resmi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasa Marga Manado Bitung George IMP Manurung menjelaskan Jalan Tol Manado-Bitung akan dioperasikan secara bertahap. Yang direncanakan dioperasikan dalam waktu dekat adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km.

Baca juga: PUPR Sebut Covid-19 Jadi Pelajaran Penting Pembangunan Perkotaan

“Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU)," ujarnya.

Jalan tol tersebut, katanya, terdiri dari dua seksi. Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

George mengatakan, dalam waktu dekat, yang akan dioperasikan adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km yang merupakan keseluruhan seksi 1 serta sebagian dari seksi 2, yaitu seksi 2A Airmadidi-Danowudu.

Sementara itu, untuk Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 12,65 Km ditargetkan selesai konstruksi pada April 2021. Hingga saat ini, progres konstruksinya telah mencapai 77,61% dan pembebasan lahan mencapai 99,23%.

“Nantinya jika terhubung secara penuh, jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupan," pungkas George.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung). (OL-1)

BERITA TERKAIT