29 September 2020, 09:11 WIB

Pembangunan Stadion Mattoanging Mulai Oktober


Lina Herlina | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan pada Oktober mendatang akan melakukan groundbreaking pembangunan Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, yang selama ini menjadi kandang klub sepak bola PSM Makassar. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan paling lama Oktober sudah dilakukan pembongkaran dan dilanjutkan groundbreaking. 

"Harus jalan dan sudah selesai. Tanggal 1 atau 2 paling lambat sudah bongkar untuk persiapan groundbreaking," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis menjelaskan sampai saat ini telah dilakukan tahapan akhir dari seluruh rangkaian proses administrasi dari pelaksanaan revitalisasi Stadion Mattoanging, terutama terhadap dukungan perencanaan.

"Kita sudah melakukan audit konstruksi. Malah sebelumnya, tahun 2019 sudah ada pra desain. Kemudian penyusunan dokumen evaluasi lingkungan hidup, penyusunan amdal," jelas Arwin.

Pihak Pemprov Sulsel juga sudah melakukan tanda tangan kesepahaman kerja sama dengan PT Arkonin Jakarta dan PT Griksa Jakarta di kantor Gubernur Sulsel dilanjutkan  penyusunan perencanaan konstruksi proses administrasi.

baca juga: Terminal Megah Setengah Jadi

"Untuk pelaksanaan manajemen konstruksi, pihaknya hari ini juga langsung melakukan penandatanganan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Sudah jalan semua, sehingga kita berharap proses ini kita lebih cepat," ungkap Arwin, Selasa (29/9).

Untuk pembangunan atau revitalisasi Stadion Mattoanging sendiri, Pemprov Sulsel telah menganggarkan sekitar Rp1 triliun. Hanya saja, untuk tahun ini dari APBD Sulsel yang dianggarkan hanya Rp200 miliar, masih ada kekurangan Rp800 miliar. (OL-3)

BERITA TERKAIT