29 September 2020, 08:48 WIB

DK PBB Gelar Pertemuan Darurat Bahas Armenia-Azerbaijan


Nur Aivanni | Internasional

DEWAN Keamanan PBB akan mengadakan pembicaraan darurat pada Selasa (29/9) secara tertutup di wilayah etnis Armenia di Nagorny Karabakh, tempat pertempuran sengit berkecamuk sejak akhir pekan. Pertemuan itu akan diadakan pada pukul 17.00 waktu setempat.

Belgia secara resmi meminta hal tersebut, setelah Prancis dan Jerman mendorong agar sesi itu dimasukkan dalam agenda. Pada Minggu (27/9), Estonia yang merupakan anggota tidak tetap DK PBB menekankan perlunya pembicaraan semacam itu mengenai pecahnya kekerasan mematikan di wilayah separatis tersebut.

Inggris juga bergabung dengan dorongan Eropa untuk pembicaraan tersebut. Kata para diplomat juga, deklarasi bersama dapat dikeluarkan pada kesimpulannya, baik oleh seluruh dewan atau anggota Eropa jika konsensus penuh tidak dapat dicapai.

Armenia dan Azerbaijan terlibat dalam sengketa wilayah atas wilayah etnis Armenia di Nagorny Karabakh selama beberapa dekade. Pertempuran mematikan ini bergejolak awal tahun ini dan pada 2016.

Pertempuran yang semakin mematikan berkecamuk pada Senin (28/9) antara pasukan Azerbaijan dan Armenia. Bentrokan terjadi di tengah Sidang Umum PBB tahunan dan menimbulkan kekhawatiran akan perang antara bekas Republik Soviet Azerbaijan dan Armenia di Kaukasus.

Rusia memiliki aliansi militer dengan Armenia, sedangkan Turki mendukung Azerbaijan. Setidaknya 95 orang telah tewas dalam pertempuran terakhir, termasuk 11 warga sipil. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT