29 September 2020, 06:41 WIB

AS akan Distribusikan 150 Juta Alat Rapid Test


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN AS Donald Trump pada Senin (28/9) mengumumkan distribusi 150 juta alat rapid test korona yang dipesan dari Abbott Laboratories. Alat rapid test tersebut bisa memberikan hasil dalam 15 menit, mirip dengan alat tes kehamilan.

"Inilah rencana kami, sekitar 50 juta pengujian akan dilakukan untuk melindungi komunitas yang paling rentan, seperti panti jompo," kata Trump.

Sebanyak 100 juta pengujian lain akan didistribusikan ke negara bagian dan teritori untuk membantu mereka dalam membuka perekonomian. Masing-masing alat uji menelan biaya sebesar US$5 dari pemerintah federal.

Beberapa ahli telah menyerukan agar rapid test tersedia untuk digunakan di rumah. Pasalnya, saat ini, pasien masih perlu mengunjungi perawatan kesehatan untuk melakukannya.

Menanggapi rencana pemerintah tersebut, ahli epidemiologi Harvard Michael Mina mengatakan bahwa alat rapid test tersebut sangat bagus dan merupakan awal yang baik.

Tapi, tambahnya, jumlah yang dibagikan pemerintah tidak cukup dan produksi harus diperbanyak 10 atau 20 kali lipat. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT