29 September 2020, 02:45 WIB

Kebangkitan Adebayo Antar Heat ke Final


MI | Olahraga

MIAMI Heat resmi menjadi lawan Los Angeles Lakers di babak final NBA setelah merebut gim keenam dari Boston Celtics di partai puncak Wilayah Timur, kemarin WIB. 

Kemenangan 125-113 atas Celtics pun membuat Heat memasuki final NBA untuk keenam kalinya sejak klub tersebut lahir pada 1988. Bam Adebayo menjadi motor kemenangan Heat di gim penentu. 

Dia mencetak doubledouble 32 poin dan 14 rebound. Torehan itu pun menjadi jawaban Adebayo atas kritik terhadap dirinya ketika Heat kalah di gim kelima pada Sabtu (26/9). Kala itu Adebayo hanya mencetak 13 poin dan jadi skor terendah jika dibandingkan dengan empat starter lainnya.

Pelatih Heat Erik Spoelstra pun memuji anak asuhnya itu karena mampu bangkit. “Adebayo ialah salah satu kompetitor yang hebat di NBA. Dia akan jadi salah satu pemenang dalam sejarah NBA karena kemampuannya. Dia makin gesit. Anda tidak bisa membuat analisis terhadapnya dan mungkin itulah yang membuatnya memukau ketika masih sekolah,” tutur Spoelstra.

Ketika Adebayo disalahkan, dia hanya mengatakan semua beban yang diterimanya akan dikonversikan menjadi tantangan. Dia berjanji harus bermain lebih baik di gim keenam. “Saya mengecewakan tim saya di gim kelima. Saya harus menyesuaikan diri dengan siapa yang sebenarnya saya inginkan. Pelatih ingin saya jadi lebih baik dan semua orang ingin saya melakukan hal hebat. Ketika semua dirangkum dan kami menang, itu hal yang luar biasa,” kata Adebayo.

Namun, kebangkitan Adebayo kemarin bukanlah satusatunya kunci kemenangan Heat. Teman-temannya juga cukup produktif mengumpulkan angka. Jimmy Butler ikut membantu dengan 22 poin. Tyler Herro membukukan 19 poin. Duncan Robinson dan Andre Iguodala sama-sama menyumbangkan 15 poin.

Dari Celtics, Jayson Tatum mencetak double-double dengan 24 poin dan 11 asssit. Jaylen Brown 26 poin dan Marcus Smart serta Kemba Walker 20 poin. Sayangnya itu semua tidak bisa menghasilkan tiket final untuk Celtics. Pertemuan pertama Lakers dan Heat di final akan berlangsung pada Kamis (1/10) WIB. Lakers lebih dulu masuk final setelah menang 4-1 atas Denver Nuggets. (Dro/ESPN/R-3)

BERITA TERKAIT