28 September 2020, 23:35 WIB

Dua Minggu Luhut Tangani Covid-19, Satgas: Ada Penurunan Kasus


Insi Nantika Jelita | Humaniora

SELAMA dua pekan terakhir sejak dipimpin Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan disebut ada penurunan kasus covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

"Perintah presiden 13 September lalu ke Wakil Ketua Komite (Penanganan Covid-19) Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, terjadi tren penurunan (kasus covid-19). Rata-rata kasus aktif sudah di bawah angka global," kata Doni.

Doni menuturkan, per 27 september rata-rata kasus aktif di Indonesia itu 22,46%. Hal itu katanya dinilai lebih rendah dari kasus aktif global atau dunia.

"Ini sedikit lebih rendah daripada rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 23,13%. saya kira ini baik untuk terus diperbaiki lagi," jelas Doni.

Ia juga membandingkan untuk rata-rata kasus kematian covid-19 di Indonesia menurun. Doni mengatakan, dari angka 4,33% turun menjadi 3,77% untuk kasus kematian.

"Kalau kita bandingkan dengan rata-rata kematian dunia, kita masih sedikit lebih tinggi. Karena rata-rata kematian dunia mencapai 3,01%. ini menjadi tugas kita besama untuk menekan lagi (angka) kematian di negara kita," ungkap Doni.

Berdasarkan data Kementrian Kesehatan, per hari ini total kasus positif covid-19 mencapai 278.722 kasus. Jumlah total pasien sembuh secara nasional sebesar 206.870 orang dan 10.473 kasus kematian.

Luhut bersama Kementrian Kesehatan, para Gubernur dan pihak lainya akan menggelar rapat koordinasi besok (29/9) guna membahas penanganan covid-19 di sembilan provinsi.

"Besok akan mengadakan rapat penanganan korona di Jabodetabek dengan Menkes, Kepala Satgas, Dirut BPJS serta para kepala daerah, Pangdam, Kapolda, Danrem dan Kapolres," kata Juru Bicara cara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi kepada Media Indonesia. (OL-4)

BERITA TERKAIT