28 September 2020, 23:00 WIB

Cuaca Buruk, Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Capai 6 Meter


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

PERAIRAN di wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, bakal mengalami gelombang tinggi 4-6 meter pada Selasa, 29 September 2020. Peringatan itu dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin (28/9).

"Area perairan dengan gelombang sangat tinggi (4.0 - 6.0 m) adalah Perairat barat Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Selatan banten, dan Perairan barat Pulau Enggano," tulis BMKG dalam laman resminya.

BMKG juga menyebut pola angin di wilayah Indonesia umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 5 - 25 knot. Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan P Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bag selatan, Perairan selatan Banten. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan. Berlaku mulai Selasa, 29 September 2020 07:00 WIB Sampai Rabu, 30 September 2020 07:00 WIB.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkas BMKG. (H-2)

BERITA TERKAIT