29 September 2020, 07:00 WIB

Ini Kosa Kata Baru Seputar Covid-19


MI Weekend | Weekend

APRIL lalu, editor Kamus Bahasa Inggris Oxford melakukan sesuatu yang tidak biasa. Pada bulan itu mereka mengumumkan kata dan makna baru untuk dimuat dalam kamus yang paling terkenal seantero dunia tersebut. Hal ini diluar kebiasaan selama 20 tahun terakhir, dimana pembaruan kata biasanya dirilis pada Maret, Juni, September, dan Desember. 

Pada April, kemudian juga Juli, editor merilis pembaruan khusus terkait covid-19. Dilansir The Conversation, Jumat (25/9) beberapa istilah bahasa Inggris yang baru adalah:
1.    Maskne
Istilah ini merupakan gabungan kata “mask” dan acne. Dengan begitu istilah ini untuk menggambarkan jerawat yang muncul ketika orang sering menggunakan masker. 

2.    Zoombombing
Pada saat pandemi virus korona semua kegiatan dilakukan secara daring. Istilah ini mengacu kepada munculnya orang atau binatang (peliharaan) yang tidak diduga saat anda sedang melakukan video konfrensi daring.

3.    Quarantini
Istilah ini merupakan gabungan kata quarantine dan martini yang merupakan salah satu jenis minuman koktail yang terkenal. Dengan begitu istilah ini untuk menggambarkan minuman koktail yang dikonsumsi saat orang menjalani isolasi di rumah. 
Meminum koktail, seperti martini, memang sudah lama dikenal sebagai cara bersenang-senang atau untuk membuat rileks. Saat mengalami stress akibat bekerja dari rumah atau karena tugas rumah tangga, banyak orang di negara barat berusaha untuk rileks dan menyenangkan diri sendiri dengan meminum koktail.

4.    Covidiot
Istilah ini mengacu untuk orang-orang yang mengabaikan protokol kesehatan dan keselamatan publik.

5.    Doomscrolling
Istilah ini mengacu kepada pemberitaan virus korona yang sering muncul di ponsel cerdas, sehingga membuat pembacanya cemas.

6.    Hamsterkauf
Istilah ini sebenarnya datang dari bahasa Jerman. Hamstern mengacu pada kebiasan binatang hamster yang biasa mengumpulkan banyak makanan di dalam mulutnya sehingga pipinya menggembung. Sementara kaufen berarti membeli. 
Hamsterkauf awalnya muncul di Jerman dan Austria ketika orang-orang melakukan ‘panic buying’, yakni aksi panik memborong barang kebutuhan sehari-hari dengan sangat berlebihan. Hal ini dilakukan agar tidak perlu sering ke luar rumah. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)
 

BERITA TERKAIT