28 September 2020, 18:15 WIB

Drive Hard Disk ‘Petabyte’ Pertama di Dunia Menggunakan Kaca


MI Weekend | Weekend

TEKNOLOGI penyimpanan data terus berkembang pesat. Prediksi bahwa kaca akan menjadi material untuk media penyimpanan data masa depan semakin terwujud.

Dilansir The Science Times (21/09), Microsoft tengah mengembangkan cakram keras (hard disk drive/HDD) kaca kuarsa yang akan memiliki kapasitas penyimpanan petabyte pertama di dunia. Satu petabyte setara dengan seribu terabyte atau satu juta gigabyte.

Sebelumnya, lewat Project Silica, Microsoft telah membuat HDD berukuran 2,5inci berbahan gelas silika yang mampu memiliki kapasitas 75,6 Terabyte (TB). Sementara HDD baru yang juga dikembangkan lewat Project Silica menggunakan kaca kuarsa dengan teknologi laser femtosekon untuk membangun sistem penyimpanan terbaru. Saat ini HDD yang beredar di dunia memiliki kapasitas penyimpanan data 20TB dengan ukuran HDD 3,5 inci.

Microsoft menjelaskan jika data direkam oleh laser dan kemudian diterjemahkan oleh sebuah mesin saat cahaya memantul dari kaca. Teknologi ini dikembangkan dari penelitian ilmuwan di Pusat Peneliti Optoelektronik Universitas Southampton, Britania Raya. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

BERITA TERKAIT