28 September 2020, 17:35 WIB

Cegah Klaster Pesantren, Tebuireng Tes Covid Ribuan Santrinya.


Faishol Taselan | Nusantara

RIBUAN santri dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang menjalani rapid test antigen. Rapid test ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini terhadap penyebaran virus covid 19.

Pihak pesantren memastikan, saat ini belum  ditemukan kasus terkonfirmasi positif covid 19 di lingkungan Tebuireng. Namun, antisipasi harus dilakukan sejak dini.

Puluhan ambulan dari berbagai rumah sakit menyiapkan pelaksanaan rapid test antigen yang dilakukan terhadap santri, guru, pengurus dan pengasuh pesantren.

Pelaksanaan test ini dilakukan di areal pondok pesantren. Sejumlah petugas tim medis berpakaian alat pelindung diri, mengukur suhu badan hingga mendata seluruh guru, pengurus dan pengasuh sebelum menjalani pemeriksaan rapid test.

Humas Satgas Covid 19 Pondok Pesantren Tebuireng Nur Hidayat di Surabaya, kemarin mengatakan rapid test antigen ini dilakukan sebagai deteksi penyebaran virus di lingkungan Tebuireng.

Pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh elemen yang beraktifitas di lingkungan pesantren. Sampai saat ini, pihak Pesantren Tebuireng memastikan lingkungan pesantren masih nol kasus terkonfirmasi covid.

Selain di areal pesantren rapid untuk santri dilakukan di sejumlah lokasi lembaga pendidikan, petugas sengaja memecah beberapa lokasi untuk menghindari kerumunan.

"Jika dalam rapid test ini ditemukan, sudah berkordinasi dengan dinas terkait untuk proses penanganan selanjutnya," katanya (OL-13)

Baca Juga: Ahok Cabut Laporan Terhadap Tersangka Pencemar Nama Baiknya

BERITA TERKAIT