28 September 2020, 16:10 WIB

Penyebaran Korona Melonjak, NTT Lakukan Swab Massal di Bandara


Palce Amalo | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng Forum Academia NTT (FAN) melakukan swab massal (pool test) Covid-19 terhadap seluruh penumpang yang turun di Bandara El Tari, Kupang. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus korona meluas.

Untuk tahap pertama uji coba, swab massal dilakukan terhadap penumpang yang turun di Bandara El Tari Kupang mulai pekan depan.

Kepala Dinas Perhubungan NTT Isyak Nuka mengatakan swab massal dilakukan setelah diketahui 90 persen penyebaran virus korona di NTT berasal dari pelaku perjalanan dari luar NTT. "Pelaku perjalanan ini masuk ke NTT lalu terjadi transmisi lokal," katanya kepada wartawan, Senin (28/9).

Menurutnya, swab massal dilakukan per penumpang pesawat dan berlangsung secara cepat di ruangan yang sudah disiapkan oleh PT Angkasa Pura I Bandara El Tari. Untuk memperlancar swab massal, kegiatan pengisian kartu kewaspadaan kesehatan (HAC) yang selama ini berlangsung di terminal kedatangan penumpang, pingisian akan dilakukan di pesawat.

"Nanti dilakukan simulasi agar tidak terjadi penumpukan penumpang di bandara karena melanggar protokol kesehatan," katanya.

Isyak mengatakan hasil swab massal akan keluar antara 3-4 jam, jika positif korona, petugas akan menjemput pemilik sampel swab tersebut di rumahnya kemudian dilakukan isolasi.

Ahli Biomolekuler Forum Academi NTT, Fima Inabuy mengatakan pihaknya sudah menyiapkan mesin Quantitative Polymerase Chain Reaction (qPCR) untuk swab test massal tersebut. Jika di antara kelompok yang menjalani test swab ada yang positif, pihak rumah sakit WZ Johannes mengirim tim untuk melakukan tracing. "Sedangkan tugas utama lab ini adalah pool test. (OL-13)

Baca Juga: Menimbang Elektabilitas Paslon di Pilkada Kaltara

BERITA TERKAIT