28 September 2020, 15:45 WIB

Terminal Bandara Hasanuddin Bisa Tampung 15 juta Penumpang/Tahun


Lina Herlina | Nusantara

PEMBANGUNAN terminal baru Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, saat ini sudah mencapai 55,17 persen. Ditargetkan rampung Oktober 2021 dan sudah bisa beroperasi secara penuh.

General Manager PT Angkasa Pura I, Wahyudi menjelaskan, dari pekerjaan terminal baru Bandara Internasional Sultan Hasanuddin itu, penggunaan anggaran sudah mencapai 50 persen, dari total Rp2,6 triliun.

"Targetnya memamg Oktober 2021 semua sudah rampung dan sudah full secara operasional. Dengan adanya terminal baru itu, daya tampung Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar bisa mencapai 15 juta penumpang pertahunnya," ungkap Wahyudi, Senin (28/9), saat menerima kunjungan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, melihat progres pembangunan terminal baru itu.

Setelah melihat dan mendapat laporan tersebur, Nurdin Abdullah menyampaikan harapannya. Ia ingin Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menjadi bandara terpadat setelah Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Ia pun mengaku berbangga sebagai orang Sulsel melihat progres pembangunan terminal baru bandara itu. "Kita melihat progres penyelesaian pembangunan bandara baru, tentu kita berbangga sebagai masyarakat Sulsel, karena Angkasa Pura masih terus melakukan pengembangan bandara," seru Nurdin.

Setelah penyelesaian pekerjaan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ini, lanjut Nurdin, pasti semakin banyak jalur-jalur internasional yang terus dikembangkan, terkhusus para wisatawan mancanegara untuk masuk Sulsel.

"Yang pasti, tentu ini akan memberi dampak positif terhadap peningkatan wisatawan kita. Apalagi saat ini konektivitas dari Makassar ke Toraja juga sudah terbuka," tutup Nurdin. (OL-13)

Baca Juga: DKI Siapkan Lahan Pemakaman Covid-19 di Rorotan

BERITA TERKAIT