28 September 2020, 15:33 WIB

Bantu Tes Swab Pegawai, LAN Berterima Kasih dan Apresiasi BIN


mediaindonesia.com | Humaniora

TERKAIT maraknya pemberitaan mengenai dugaan perbedaan hasil uji usap ( swab test ) terhadap pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN), Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si menyampaikan beberapa klarifikasi.

“LAN menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BIN yang telah menyelenggarakan tes usap (swab test) kepada pegawai LAN pada Selasa, tanggal 21 Juli 2020,” kata Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam keterangan persnya, Senin (28/9).

Adi menjelaskan bahwa kegiatan tes swab tersebut merupakan inisiatif LAN karena keterbatasan anggaran saat itu dan kebutuhan LAN untuk memastikan status kesehatan bagi pegawainya. Hal tersebut sebagai respons cepat LAN pasca meninggalnya seorang pegawai karena Covid-19. 

Selain itu, Kepala LAN menegskan bahwa pihaknya sama sekali tidak pernah menyampaikan penilaian atau opini terkait perbedaan hasil swab test . Karena hal tersebut jelas bukan merupakan ranah kewenangan dan kompetensi LAN.

“LAN juga memandang positif kiprah BIN ikut berperan dalam pencegahan dan penanggulan Covid-19 di Indonesia,” tutur Adi. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT