28 September 2020, 14:18 WIB

Tower 8 Wisma Atlet Capai Tahap Finalisasi Untuk Pasien OTG


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

TOWER 8 Wisma Atlet Pademangan, mencapai tahap finalisasi untuk dihuni oleh pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan.

Koordinator RSD Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen TNI Tugas Ratmono, mengatakan tower 8 diproyeksi akan dapat digunakan hari ini atau paling lama besok.

Baca juga: Antisipasi Potensi Banjir DKI, Masih ada Permasalahan Saluran Air

"Kita sudah liat tadi pagi dan kita arahkan supaya semua kebutuhan dan kelengkapan termasuk dekomentasi dan keperluan petugas kita finalisasi supaya semua sistem berjalan dengan baik paling tidak besok pagi," kata Ratmono saat konferensi pers Update Wisma Atlet: Pembukaan Tower 8 Flat Isolasi Mandiri, Senin (28/9).

Saat ini, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran memiliki 2 tower yang menangani atau memfasilitasi isolasi mandiri yang direkomendasi puskesmas yang tidak memiliki fasilitas isolasi sesuai ketentuan yang ada.

"Di tower 4 huniannya cukup tinggi lebih dari 90% sementara di tower 5 per pukul 06.00 WIB masih 35%. Ini memang dari hari ke hari trennya masih meningkat tetapi kita juga sesuai dengan protokol ada yang pulang ada yang masuk," ujarnya.

Melihat tren tersebut Tower 8 Wisma Atlet Pademangan digunakan sebagai flat isolasi mandiri. Hingga saat ini masih dalam finalisasi persiapan.

Saat ini, lanjut Ratmono, OTG yang keluar sebanyak 262 orang dan yang masuk di bawah 100 orang. Sehingga relatif huniannya di atas 80%.

Fasilitas yang diberikan oleh Satgas yakni fasilitas olah raga, komunikasi, tim psikolog, fasilitas nutrisi dan lainnya hal ini berbeda dengan tower 6-7 Wisma Atlet Kemayoran. Karena pada tower 8 ini fokus untuk menjaga pasien OTG cepat untuk pulih. (OL-6)

BERITA TERKAIT