28 September 2020, 13:13 WIB

Gubernur Erzaldi Tinjau Tempat Praktik SMK Negeri 1 Sungai Selan


mediaindonesia.com | Nusantara

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman meninjau langsung proses pembangunan gedung tempat praktik SMK Negeri 1 Sungai Selan yang ada di Desa Lampur, Kecamatan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Babel, Senin (28/9).

Selain meninjau secara langsung proses pembangunan gedung tempat praktik bagi SMK setempat, kunjungan Gubernur Babel juga bertujuan untuk menyaksikan proses belajar mengajar di SMK Negeri 1 Sungai Selan di era pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur Erzaldi, SMK Sungai Selan merupakan sekolah kejuruan yang berbeda dengan SMK lainnya, terdapat tiga jurusan yaitu jurusan tata boga, jurusan tata busana, dan jurusan teknik pendingin dan tata udara. 

"Tujuan kami datang ke sini antara lain untuk melihat kondisi fasilitas yang kami berikan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan di SMK ini. Ke depannya, siswa harus banyak melakukan praktik, dengan harapan setelah lulus mereka siap bekerja, kalau bisa membuka lapangan pekerjaan dan siap mempekerjakan orang lain," ungkapnya. 

"Tidak ada alasan lagi tamat SMK sulit mendapat  pekerjaan, kita berharap perusahaan-perusahaan dapat menggunakan tenaga kerja dari SMK. Karena itu, dari sekarang mereka dilatih bekerja sesuai jurusannya masing-masing," tegasnya. 

Khusus untuk SMK 1 Sungai Selan agar nantinya dapat menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di bidang tekstil, selain itu SMK ini memiliki jurusan pendingin yang diperkirakan memiliki peluang kerja sangat luas. 

"Perusahaan pasti butuh tenaga kerja dari jurusan teknik pendingin dan tata udara ini. Tukang perbaikan AC, kulkas, kantor gubernur pun butuh tenaga seperti ini," ujarnya. 

Setiawan, salah seorang siswa jurusan tata boga, mengatakan bersyukur atas kunjungan Gubernur Erzaldi karena, dapat memberikan motivasi belajar. "Dengan kunjungan ke sekolah kami, kami jadi banyak belajar secara langsung dari sosok gubernur,” ujarnya. 

Hal yang sama diakui Rati, siswi jurusan busana. Menurut Rati ,kehadiran Gubernur Erzaldi sangat diharapkan agar, sekolah ini jadi lebih maju di masa mendatang. 

"Kami tadi diarahkan oleh Pak Gubernur, bagaimana mempersiapkan diri untuk memanfaatkan peluang kerja, atau mengembangkan usaha setelah tamat sekolah," ungkapnya. 

Dalam kunjungan ke SMK Negeri 1 Sungai Selan, Gubernur Erzaldi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Soleh untuk meninjau proses pembangunan tempat praktik siswa sekaligus memberikan arahan agar bangunan tersebut tepat guna dan sasaran. (OL-09)
 

BERITA TERKAIT